Expo Diponegoro Dongkrak Produk dan Destinasi Unggulan Desa di Jepara

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Ekonomi - Sebanyak 324 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, menggelar expo atau pameran produk unggulan desa-desa dari tiga Kecamatan di Jepara. Pameran bertajuk Diponegoro di Bumi Kartini ini penting, selain bertujuan mempromosikan dan memajukan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) desa, juga dalam upaya mengangkat perekonomian dan budaya masyarakat tanpa merubah budaya lokal.

Ratusan mahasiswa Undip Semarang yang melakukan KKN di Kecamatan Kedung, Bangsri, dan Kalinyamatan ini menggelar expo bertema “Ukiran Diponegoro di Bumi Kartini” bertempat di halaman Pendapa RA Kartini, Jepara, pada Minggu (12-08-2018). Tema tersebut diambil lantaran mahasiswa KKN Undip Semarang ingin mengukir prestasi dan program yang bermanfaat untuk masyarkat sekitar, dan bertujuan pemberdayaan masyarakat itu sendiri.



Bupati Jepara Ahmad Marzuqi didampingi camat, dosen, dan mahasiswa KKN saat meninjau stand satu persatu mengaku, senang dengan kegiatan ini. Dirinya berharap dengan adanya expo KKN Undip Semarang kedepannya desa-desa di Jepara bisa bertambah maju. Pihaknya berterima kasih atas inovasi-inovasi yang diberikan oleh para mahasiswa. “Sehingga menjadi sebuah bentuk penguatan karakter desa guna memperlihatkan berbagai kemajuan pembangunan desa di Jepara, sehingga semakin bertambah desa menjadi tujuan kunjungan wisata,” ujar Ahmad Marzuqi.

Pada pameran tersebut, terdapat sepuluh tenda stand dengan menampilkan beragam produk ungulan dari sektor industri, pariwisata dan budaya. Antara lain dari Kecamatan Kedung, karya seni bank sampah dan destinasi wisata, horong-horog, terasi udang, dan jenang mantep pol (Jempol). Kemudian dari Kecamatan Bangsri terdapat, festival memeden gadhu, wisata telaga sejuta akar, pandai besi, batik Jerukwangi, sabun minyak jelantah, dan kopi Papasan. Selanjutnya dari Kecamatan Kalinyamatan, antara lain stik keju, minuman jeli, nugget berbahan rumput laut, puding jagung, kacang oven, kerajinan monel dan konveksi.

Selain berbagai pameran produk unggulan, kegiatan ini juga terdapat lomba mewarnai, cek kesehatan, donor darah, dan berbagai penampilan seni pertunjukan, antara lain thongtek, rebana, dan musik band. (ZA/RM)

No comments

Powered by Blogger.