Lebih Murah, Kapal Laut Masih Jadi Primadona ke Karimunjawa

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Wisata - Moda transportasi kapal laut ternyata masih diminati sebagian masyarakat dan wisatawan yang hendak berwisata ataupun kembali ke Karimunjawa Jepara. Meski waktu tempuh terbilang lama yakni 2 hingga 5 jam, transportasi tersebut diminati karena tidak merogoh kocek terlalu dalam. Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Kartini Jepara, pada Jumat (22-06-2018) pagi, sejumlah calon penumpang yang hendak melakukan penyeberangan menuju Karimunjawa, Jepara, masih padat.

Meski telah ditembah rute jalur transportasi melalui udara dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang. Moda transportasi kapal laut dari Pelabuhan Kartini Jepara terpantau masih lebih diminati para wisatawan dan masyarakat yang hendak menuju ke Karimunjawa, Jepara. Seperti diketahui, ada tiga kapal yang disiapkan melayani penyeberangan dari pelabuhan ini, yakni satu Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai dan dua Kapal Motor Cepat (KMC) Express Bahari.

Staf Oprasional KMP Siginjai Jepara Susianto mengatakan, di hari ketujuh paska lebaran ini jumlah penumpang masih mengalami peningkatan dari hari biasa. Disebutkannya, jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan pada hari itu pukul 06.20 WIB dari Pelabuhan Pantai Kartini Jepara sebanyak 311 orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding hari-hari biasa sejumlah 200an orang. "Peningkatan dimulai setelah Lebaran, hari ini pemberangkatan ada 311 didominasi turis lokal," ujarnya.


Walaupun masih tergolong naik dibanding hari biasa, jumlah penumpang tersebut sudah berangsur normal dibandingkan saat puncaknya pada H+5 Lebaran. Meski menghabiskan waktu perjalanan yang lebih lama dari pada jalur udara, para penumpang tetap memilih kapal laut dengan pertibangan harga tiket yang lebih ekonomis.

Hal Senada juga dikatakan Sugeng Riyadi selaku Kepala Cabang KMC Express Bahari. Dia mengungkapkan, tiket KMC Express Bahari saat libur Lebaran sudah ludes terjual sebelum hari H. Kebanyakan tiket tersebut didapatkan para calon penumpang melalui online, dengan begita calon penumpang tinggal menunjukkan tikat yang telah diprint kepada petugas di pelabuhan saat check-in. Dua armada KMC Express Bahari yang beroperasi ini, kata Sugeng mampu mengangkut 751 orang, dengan masing-masing kapal memiliki daya angkut sebanyak 400 seat dan 351 seat.

"Kita sudah buka paket satu bulan sebelumnya, jadi kalau sampai sini (pelabuhan) penumpang tinggal check-in saja dengan menunjukkan tiket yang sudah diprint. jadi kalau penjualan hari H sudah tidak ada lagi," ungkapnya. (ZA/RM) 

No comments

Powered by Blogger.