Kirab Kerbau Tandai Pesta Lomban Dimulai

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Budaya - Arak-arakan kerbau pada Jumat (22-06-2018)  sehari menjelang prosesi larungan tahun ini digelar lebih semarak. Tidak hanya masyarakat kelurahan Ujungbatu, namun juga melibatkan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Wakil Bupati Dian Kristiandi, jajaran Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopida) Jepara, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan karyawan. 

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, arak-arakan kerbau tahun ini lebih meriah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan panitia, dan juga antusias masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung prosesi tersebut. “Tidak hanya Forkompimda, dan para pimpinan OPD ikut dalam rombongan arak-arakan,” kata Bupati.


Marzuqi menyampaikan, pemanfaataan menyembelih kerbau dalam kegiatan pekan syawalan yakni dapat menggugah kesadaran bersedekah. Selain dagingnya disedekahkan kepada masyarakat, kepala kerbau yang dilarung juga dimaksudkan sebagai sedekah untuk mahluk Allah SWT yang ada di laut. “Selain sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia yang diberikan Allah, prosesi kirab kerbau dan nantinya dilarung, juga bermanfaat dalam menggugah rasa senang bersedakah karena dengan sedekah dapat menjadi penolak bala,” ujarnya.

Melihat antusias masyarakat, bupati berharap arak-arakan kerbau ini, mampu menjadi even baru wisata di Jepara, khususnya menjelang Pesta Lomban.

Camat Jepara Suhendro mengatakan, arak-arakan kerbau ini merupakan yang kelima kalinya dilaksanakan, ini akan menjadi varian wisata baru di Jepara. Setelah arak arakan dilanjutkan ziarah ke makam Ciklanang di Kelurahan Bulu sehabis sholat ashar dan juga Mbah Ronggo di Ujungbatu sehabis sholat maghrib. Keduanya dianggap sebagai sesepuh nelayan di Kabupaten Jepara. Malam harinya, dilaksanakan pagelaran wayang kulit di TPI Ujungbatu, sebelum prosesi pelaruangan pada keesokan harinya. (ZA/RM) 

No comments

Powered by Blogger.