Kesiapan Posko Lebaran Dipantau

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Keamanan - Jajaran pejabat Pemkab Jepara beserta Forkopinda, Senin (11-06-2018) malam memantau langsung kesiapan posko-posko Lebaran. Sedikitnya 23 posko, terdiri dari tujuh Pos Pengamanan (Pospam) sekaligus terpadu, satu Pos Pelayanan (Posyan), dan 15 posko siaga di tiap kecamatan telah dapat dipastikan siap beroperasi. Begitu hal yang sama juga pada posko terpadu dan posko siaga di Kecamatan Karimunjawa.

Pemantauan malam itu dibagi menjadi lima wilayah. Pemantauan posko-posko di wilayah satu yang ditinjau Bupati Jepara Ahmad Marzuqi beserta tim gabungan, diantaranya posko siaga Lebaran Kecamatan Jepara, Tahunan, Kedung, Batealit, dan posyan Lebaran Shopping Center Jepara (SCJ) di utara Alun-alun Jepara.

Secara umum, menurutnya Kabupaten Jepara telah siap melayani arus pemudik lebaran tahun ini. Berdasarkan hasil pemantauan, sarana prasarana sudah siap dan tidak ada masalah, pun demikian termasuk penanganan jika terjadi kemacetan arus lalu lintas serta ancaman Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). “Para petugas dari jajaran TNI dan Polri, serta bantuan dari beberapa elemen juga masyarakat telah siap mengantisipasi, jika sewaktu-waktu timbul hal-hal yang tidak diinginkan muncul dan terjadi,” ujar Bupati.



Di wilayah dua, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama tim gabungan meninjau, posko siaga Lebaran Kecamatan Pakisaji, Mlonggo, Bangsri, dan posko terpadu Lebaran yang berada didalam Terminal Bangsri. Sama halnya dengan dilakukan Bupati, di setiap posko lebaran yang dikunjungi Wabup serta tim, meninjau fasilitas pelayanan yang tersedia, serta berdialog dengan ketua atau pengurus posko. Mulai dari keadaan lingkungan, arus lalu lintas dan karakteristik wilayah sekitar tak luput dari setiap pertanyaan yang dilontarkan.

“Kami berpesan atas nama pemerintah daerah selalu kita tingkatkan kewaspadan karena gangguan kamtibmas. Ini akan selalu mengikuti seiring dengan dinamika proses perjalanan sosial yang ada,” kata Andi.

Sementara di wilayah lima Sekda Sholih dan tim pemantauan posko-posko lebaran, memantau posko siaga Lebaran Kecamatan Kembang, Keling, Donorojo, dan posko terpadu Lebaran Kelet di depan RS dr Rehatta. Dari hasil pantauan lapangan dan data yang didapat Diskominfo Kabupaten Jepara, kendaraan mudik hingga H-4 mengalami lonjakan mencapai 60 persen. Meski demikian, pantauan arus pemudik pada posko siaga Lebaran Kecamatan Keling dan Donorojo terpantau lengang. Hal tersebut disebabkan pada dua lokasi pantau termasuk daerah tujuan arus mudik.

Kondisi siap melayani juga terpantu di tiap-tiap posko Lebaran pada dua wilayah lainmya. Untuk tim pemantau wilayah tiga, dipimpin oleh Asisten III / Bidang Administrasi Sekda Edy Sujatmiko, dan tim wilayah empat dipimpin Asisten I / Bidang Pemerintahan Sekda Abdul Syukur. Usai melakukan pemantauan kesiapan posko Lebaran, masing-masing tim pemantaun menyerahkan bantuan logistik untuk operasional posko. (ZA/RM) 

No comments

Powered by Blogger.