Ratusan Peserta Ikuti MTQ dan STQ Tingkat Kecamatan

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Event - Ratusan peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pelajar dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kecamatan Pecangaan yang dipusatkan di Masjid Sullamutaqwa Desa Pecangaan Kulon Kecamatan Pecangaan, Selasa (08-05-2018). Sebanyak 159 peserta ini mengikuti beberapa cabang lomba seperti tilawah, tartil, tahfidz hingga kaligrafi.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Pecangaan Achmad Arifin mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara LPTQ dengan  penyukuh agama di kecamatan. Dibandingkan dengan tahun lalu, 2018 ini peserta meningkat dari tahun sebelumnya. “Ini sebenarnya kegiatan rutin untuk mencari wakil atau delegasi yang akan maju di tingkat kabupaten,” katanya, Selasa (8-5-2018).

Arifin menambahkan, kegiatan MTQ dan STQ tingkat kabupaten akan digelar pada Juli mendatang. Rencananya Pecangaan akan menajdi tuan rumah kegiatan tingkat kabupaten tersebut. “Untuk itu kita berusaha mencari yang terbaik agar perwakilan Pecangaan bisa kembali Berjaya sebagiama tahun 90-an lalu dengan sering menjadi juara umum,” imbuh Arifin yang juga perangkat Desa Gemulung ini.

Peserta tampil di MTQ kecamatan Pecangaan. (istimewa) 

Pada penyelenggaraan tahun lalu, kata Arifin, Pecangaan hanya mampu menjadi juara kedua dibawah Kecamatan Batealit. Dengan mengandalkan cabang tilawah dan tartil, kata Arifin, tahun ini pihaknya bertekad untuk merebut juara umum MTQ dan STQ ini.

Lebih lanjut Arifin berharap ke depan penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan tidak hanya diselenggarakan di Masjid Sullamutaqwa, melainkan berpindah-pindah ke desa yang lain.  “Kegiatan ini sebenarnya tujuan kan untuk mensyiarkan islam dan memasyarakatkan alquran. Untuk itu, kami berharap ke depan tempatnya bisa idaroh berganti dari desa satu ke desa lainnya,” harapnya.

Sementara itu, ketua LPTQ Kecamatan Pecangaan Abdul Manaf berharap pemerintah Kecamatan bisa lebih memperhatikan kegiatan ini dengan memberikan uang pembinaan kepada pemenang lomba. “Kami berharap ke depan para pemenang tidak hanya sekedar mendapatkan piala dan piagam, melainkan juga uang pembinaan agar memotivasi peserta,” jelasnya. (ZA) 

No comments

Powered by Blogger.