Pemilu Nasional di Pagelaran Ketoprak

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Pilkada - Pagelaran kesenian tradisional ketoprak memeriahkan semarak panggung sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di Alun-alun Jepara, Sabtu (21-04-2018) malam. Ribuan orang pun tumpah ruah dikegiatan yang dihelat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara tersebut. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 20.00 itu dibuka dengan pentas musik dengan menghadirkan bintang artis lokal Jepara. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan partai politik peserta pemilu 2019 oleh Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri.

Menghadirkan pemain Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Dandim 0719 Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat yang mementaskan lakon ''Ketiban Pulung”, KPU Kabupaten Jepara ingin menyampaikan pesan agar masyarakat Jepara meningkatkan peran serta dalam menyukseskan proses demokarasi itu. Dengan demikian, pelaksanaan pemilu serentak atau sering diistilahkan dengan Pemilu nasional dapat diperoleh pemilu yang berkualitas, jujur dan adil.

Pagelaran kesenian tradisional ketoprak memeriahkan semarak panggung sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di Alun-alun Jepara. (istimewa) 

“Secara bulat pada 17 April 2019 nanti, seluruh warga negara Indonesia khususnya yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih itu akan melaksanakan lima bentuk pemilihan yang dilaksanakan secara bersamaan. Yakni, memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD provinsi dan anggota DPRD kabupaten,” ujar Haidar.

Dirinya melanjutkan, meski momentum malam itu dalam rangka  menyongsong satu tahun pelaksanaan pemilu nasional, Haidar juga mengingatkan kepada masyarakat Jepara agar tidak pasif dalam pelaksanaan Pemiihan Gubernur dan Wakil Gubernur jawa Tengah tahun 2018. “27 Juni 2018 nanti bapak ibu berbondong-bondong datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan hak pilihnya. Silahkan pilih pasangan calon yang menurut bapak ibu berdasarkan analisis, pemikiran, pertimbangan terhadap visi misi dan program pasangan calon. Silahkan panjengnan semua tentukan di TPS,” imbuh dia.

Wabup Jepara, Dian Kristiandi, menyatakan rasa bangga dan apresiasi kepada KPU Jepara, yang telah melakukan sosialisasi pemilu dengan mengedepankan pendekatan seni dan budaya. Sehingga selain sebagai bentuk ikhtiar pelestarian budaya jawa, berbagai elemen masyarakat bisa mudah dalam menerimanya. “Dengan pagelaran ketoprak semacam ini, nanti warga Jepara akan kembali nyengkuyung keberadaan ketoprak, dan kembali menggremari ketoprak. Memang sebenarnya tidak hanya sebagai tontonan, tapi juga bisa merupakan suatu bentuk tuntunan,” kata pria yang akrab disapa Andi itu.

Andi mengungkapkan, lakon yang dipentaskan pada gelaran ini bisa menjadi suri tauladan bagi semuanya. Lakon “Ketiban Pulung” diceritakannya, seorang manusia yang diberikan kesempatan untuk melakukan satu proses pemilihan, dan mereka melakukan sesuatu dimana Allah Swt memberikan kesempatan menjadikannya seorang demang atau sekarang dikenal sebagai kepala desa. “Melalui lakon ini, panjenengnan akan bisa melihat mana yang baik, mana yang kurang baik, dan mana yang tidak baik. Disitulah bapak ibu bisa melihat bagaimana didalam menentukan sebuah pilihan,” ujar Wabup Jepara.

Sebelum dimulainya pagelaran, Andi juga mengingatkan kepada jajaran komisioner KPU Jepara agar melakukan sosialisasi yang menyasar kepada para pemilih pemula. Hal tersebut diungkapkannya, agar para pemilih pemula dapat menggunakan hak suara secara tepat dan berkualitas. (ZA) 

No comments

Powered by Blogger.