ForSUP Diharapkan Lahirkan Srikandi Perdamaian

Jepara, ISKNEWS.COM - Dukungan atas kehadiran Forum Silaturahim untuk Perdamaian ( ForSUP ) yang digagas dan di deklarasikan oleh Yayasan Kartini Indonesia, Yayasan Damai untuk Negeri dan Padepokan Cakra Latifa terus berdatangan. Bukan saja dari tokoh lintas agama, penghayat, budayawan, seniman, guru, kalangan akademisi, politisi, tetapi juga dari aktivis perempuan di Jepara. Dukungan ini nampak pada silaturahim kedua yang berlangsung Senin (19-03-2018) di RM Lumintu 2, dengan tema merawat benih damai melalui budaya lokal.

Dari 102 orang yang hadir pada sarasehan ini, nampak sejumlah tokoh seperti Nurohman Fauzan, Lilo Sunaryo, Suharno, Maswan, Widodo Basuki Rahajo, Danang Kurniawan, Iskak Wijaya dan Mujiono. Juga tokoh lintas agama, Islam, Kristen, Budha, Hindu, Penghayat, seniman, politisi, guru dan pengelola rumah baca. Sedangkan dari aktivis perempuan nampak hadir Hindun Anisah, Ainun Latif, dan Ninik Anggreni.

Nur Rohman Fauzan, tokoh NU Jepara sekaligus Akademisi saat memberikan pendapatnya. Senin (19-03-2018)


Ketua Yayasan Kartini Indonesia, Hadi Priyanto mengungkapkan, budaya lokal bisa efektif untuk membangun perdamaian dalam keberagaman bangsa yang multi etnis. Jika kepentingan pribadi, golongan dan politik seringkali bisa mengusik perdamaian, budaya bisa menjadi media yang memiliki daya tarik bagi upaya untuk merawat dan menjaga perdamaian ditengah-tengah kemajemukan.

“Budaya juga bisa menjadi jalan keluar dan solusi konflik yang mungkin saja terjadi ditengah-tengah masyarakat. Karena itu anak dan generasi muda harus diberikan pemahaman tentang hidup damai dalam keberagaman,” ujar Hadi Priyanto.

Pernyataan ini didukung oleh Hindun Anisah, salah satu aktivis perempuan yang hadir pada kesempatan ini. Akan tetapi, dirinya menyayangkan tidak banyaknya perempuan yang hadir pada silaturahim ini. Padahal perempuan memiliki peran besar dalam menanamkan semangat perdamaian dalam keberagaman kepada anak-anak dan juga masyarakat.

Sementara, Ninik Anggraeni yang juga penyuluh agama Hindu berharap, dari forum silaturahim untuk perdamaian itu bisa lahir srikandi – srikandi perdamaian. Perempuan Jepara memiliki inspirasi 3 tokoh perempuan yang hebat, Ratu Shima, Ratu Kalinyamat dan RA Kartini. Karena itu perempuan Hindu menyambut hangat lahirnya forum ini. “Harapannya, akan mampu menyebarkan virus perdamaian di tengah-tengah masyarakat yang sangat beragam, dimulai dengan membangun pribadi-pribadi yang mengedepankan kedamaian.” ujar Ninik. (ZA/RM)

No comments

Powered by Blogger.