Tahun Politik, Polres Ajak Ponpes Ikut Jaga Kondusifitas

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara – Polres Jepara mengundang ratusan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) di Jepara, Rabu (28-02-2018). Kegiatan yang dikemas dalam forum silaturahmi pesantren ini, digelar sebagai upaya mewujudkan Jepara yang aman, tentran dan damai di tahun politik 2018 ini.

Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, silaturahmi dengan ulama ini untuk menyikapi gencarnya hoax berkaitan dengan SARA, hingga munculnya kabar penyerangan ulama di beberapa daerah.

“Kegiatan ini merupakan langkah untuk menggiatkan komunikasi antar lini. Baik pemerintah, TNI/Polri dan ulama,” ujarnya, Rabu (28-02-2018).

Yudi mengungkapkan, pertemuan dengan pengasuh ponpes ini juga untuk mengantispasi jika ada kasus, bisa segera ditangani karena komunikasi yang sudah terjalin dengan baik. Sejauh ini, katanya, di Jepara masih cukup kondusif.

Silaturahmi Polres dengan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes). (Zacky/ISKNEWS.COM)

“Sejauh ini ujaran kebencian ataupun berita hoax di Jepara, juga belum terdeteksi. Namun demikian, jika ditemukan, kami telah membentuk tim patroli siber,” jelasnya.

Yudi melanjutkan, pihaknya juga mengajak pengasuh Ponpes di Bumi Kartini untuk menyaring informasi di sosial media. Mengingat, isu SARA dan berita bohong acap dijadikan alat untuk memecah belah persatuan di masyarakat.

“Kepada pengelola Ponpes, saya minta untuk melakukan konfirmasi dulu kalau menerima SMS atau informasi apaupun di sosial media yang bersifat memecah belah, termasuk ketika ada orang gila baru. Pengurus Ponpes juga harus menjadi filter, Masjid jangan sampai jadi sarana politik,” kata Yudi.

Sementara itu, Dwi Riyanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jepara mengatakan, masyarakat harus ikut serta dalam menjaga kondusifitas. Diantaranya menggiatkan kembali Siskamling.

“Semuanya harus meningkatkan kewaspadaan. Utamanya para Ketua RT, jika ada tamu yang bermalam harus melaporkan diri,” terangnya. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.