Stabilkan Harga Beras, Pemkab Berencana Gelar Operasi Pasar

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara – Guna menstabilkan harga beras medium, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akan menggelar operasi pasar dan monitoring harga dan stok di sejumlah pasar tradisional. Hal ini disampaikan anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jepara Heru Sutamaji, pada Kamis (1-2-2018), di Kantor Setda Jepara.

Disampaikan Heru, dari laporan perkembangan harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) yang disampaikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jepara, tangal 29 Januari 2018, serta hasil rapat koordinasi TPID Kabupaten Jepara tanggal 30 Januari 2018, harga komoditi beras jenis medium pada sejumlah pasar tradisional di Jepara mengalami kenaikan rata rata 4,76 persen atau senilai Rp. 11.000/kg.


 Sebagai acuan harga beras tersebut lebih tinggi dari Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : 5/M-DAG/PER/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras, untuk beras medium seharga Rp. 9.450,/kg. “Melalui surat Sekda, kami juga akan menggandeng Perum Bulog Sub Divre Pati, untuk melakukan operasi pasar,” kata Heru.

Kegiatan operasi pasar ini, akan dilakukan mulai 5 – 7 Februari 2018. Sesuai dengan jadwal, hari pertama operasi pasar dimulai di Pasar Bangsri, hari kedua dilanjutkan di Pasar Jepara II dan hari ketiga, di Pasar Pecangaan. Selain melakukan operasi pasar, kata Heru, juga akan dilaksanakan pasar murah di lokasi tersebut. “Untuk beras dari Bulog, rencananya akan menjual dibawah HET,” katanya.

No comments

Powered by Blogger.