Sampah di Pantai Teluk Awur Dibersihkan

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara – Ratusan warga masyarakat bersama dengan sejumlah mahasiswa KKN dan pengunjung di Pantai Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, melakukan kegiatan bersih-bersih sampah, Jumat (02-02-2018).

Sampah sebanyak empat truk sampah, berhasil diangkut dan dibersihkan dari destinasi wisata pantai yang dikelola oleh Pemerintah Desa (Pemdes) tersebut. Bersih pantai ini, sebagai wujud kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan wilayah pantai. Turut dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi.

Dalam kesempatan itu, Dian Kristiandi mengingatkan, kepada pengunjung objek wisata untuk ikut menjaga kebersihan pantai. Saat musim baratan sekarang ini, hampir sepanjang pantai di wilayah pesisir Jepara, kotor penuh dengan sampah kiriman. Untuk itu, ia mengajak para pengunjung membersihkan tumpukan sampah.


“Paling penting adalah menumbuhkan kesadaran warga masyarakat, untuk menjaga pantai agar tetap bersih dan indah,” kata Andi.

Selain sampah yang berasal dari para wisatawan yang datang, pada musim sekarang ini sampah kiriman dari tengah laut juga sangat besar jumlahnya. Untuk itulah, pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), juga turun tangan untuk membersihkan sampah. Selain dibersihkan secara manual, sebuah alat berat dan truk sampah juga dikerahkan.

Usai melakukan bersih pantai, Wakil Bupati bersama dengan mahasiswa KKN, juga melakukan penanaman mangrove di kawasan kampus Undip, Teluk Awur Jepara.

Penanaman dilakukan dengan metode bius bambu. Dengan metode ini, diharapkan bibit mangrove yang ditanam akan lebih kuat menahan gelombang laut. Wabup juga berharap kepada masyarakat untuk ikut menjaga kelestarian mangrove yang ada di Jepara. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.