Polres Jepara Gelar Sispamkota Amankan Pilgub

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Mengetahui kesiagaan dan kemampuan pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada Jateng 2018, Polres Jepara menggelar simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota), Rabu (07-02-2018) di depan Kantor KPU Jepara.

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, Kasdim 0719 Jepara Mayor inf Muchamad Nurul Chabibi, Ketua Panwaslu Arifin dan Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri.

Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pilkada Jateng 2018, pihaknya berupaya untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib di masyarakat.


“Sebagai bentuk latihan anggota, TNI, Polri dan Satpol PP, jika situasi yang tidak diinginkan, benar-benar terjadi di lapangan. Mereka dapat bersikap dan bertindak secara professional,” kata Yudianto.

Untuk Pilkada nanti, setidaknya akan disiapkan 250 personel, baik Polri, TNI dan Satpol PP. Termasuk di daerah rawan, seperti perbatasan Pati, Kudus dan Demak.

Dalam simulasi Sispamkota ini, digambarkan proses pengamanan Pilgub mulai dari tahapan kampanye, hari tenang, pemungutan suara, hingga penghitungan suara. Adanya ketidakpuasan dari salah satu calon terhadap hasil pilkada memicu aksi unjuk rasa yang berujung aksi anarkis.

Aksi massa yang beringas dan akan menyandera komisioner KPU, akhirnya bisa dibubarkan dengan pasukan penghalau dan semprotan water canon.

Sementara itu, Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi mengatakan, persiapan yang dilakukan para petugas keamanan sudah bagus. Bupati berharap, agar pelaksanaan di lapangan sesuai dengan SOP. Sehingga pemilihan Pilkada Jateng ini, bisa berjalan dengan aman, tanpa adanya gangguan. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.