Pemdes Semat Siap Majukan Potensi Wisata Pantai

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Desa-desa di sepanjang pantai di Jepara, kini terus berlomba-lomba memperbaiki destinasi wisata pantainya. Salah satunya yakni Desa Semat, Kecamatan Tahunan yang mulai serius menggarap potensi wisata pantai di desanya. Pemerintah Desa (Pemdes) mengaku sudah mulai menganggarkan dana untuk pengembangan wisata pantai.

Kepala Desa Semat, Masnoor menuturkan, Pemdes tengah serius menggarap objek pantai sebagai destinasi wisata. Pembangunan objek wisata pantai guna mengundang wisatawan datang ke Desa Semat.

Bukan isapan jempol belaka, pada tahun ini dan selanjutnya, pihaknya mengungkapkan telah mengalokasikan Dana Desa (DD) atau Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pengembangan desa wisata.

Ratusan warga, perangkat, karangtaruna hingga mahasiswa KKN, bersama-sama membersihkan Pantai Semat, Jumat (26-02-2018). (Zacky/ISKNEWS.COM)

“Pantai Semat ini akan kami selalu ajukan ke dinas terkait. Tahun ini saja, kami dapat bantuan warung PKL. Bila nantinya telah terbangun dan Pantai Semat dikelola dengan baik oleh desa, maka pantai ini bisa turut menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) Semat,” ujarnya.

Masnoor menambahkan, saat ini yang terus dilakukan yakni menjaga kebersihan pantai dari sampah. Dirinya meyakini tumbuhnya sektor wisata ini akan memberikan pengaruh pada perkembangan bidang-bidang lain. "Nanti akan memberi daya ungkit bagi masyarakat Desa Semat dan memiliki multi player effect di bidang lainnya."

Kegiatan bersih pantai ini seperti yang dilakukan pada Jumat (26-02-2018). Ratusan warga, perangkat, karangtaruna hingga mahasiswa KKN, bersama-sama membersihkan pantai dari tumpukan sampah.

"Kami yakin dengan motivasi peduli lingkungan, potensi wisata yang diberikan ini dapat menumbuhkan embrio peduli terhadap pariwisata desa," ucap Masnoor. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.