Paceklik, Nelayan Jepara Terima Bantuan Beras

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Ribuan nelayan di Kabupaten Jepara, sedikit bisa bernapas lega saat musim paceklik seperti ini. Pasalnya, mereka mendapat bantuan berupa beras dari pemerintah.

Bantuan diserahkan langsung, Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi kepada perwakilan nelayan, dengan didampingi Asisten I Setda Jepara Abdul Sykur, Asisten II Mulyaji dan para pejabat terkait, pada Sabtu, (17-02-2018) di Dukuh Empurancak, Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo.

Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan, beras yang dibagikan kepada nelayan tahun ini mencapai, 58,6 ton. Beras tersebut, berasal dari berbagai macam sumber diantaranya yaitu, DKPP Jepara sebesar 30 ton, Dinsosopermades Jepara 9,7 ton, Pemprov Jateng 4,5 ton, PLN Tanjung Jati B 8,5 ton dan PT Sumitomo Corp sebesar 5,8 ton.

Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi membagikan beras paceklik untuk nelayan. (Zacky/ISKNEWS.COM)

Sedangkan sasarannya yaitu, sekitar 11 ribu lebih nelayan di Kabupaten Jepara. “Untuk tiap Kepala Keluarga (KK) nelayan, mendapatkan 5 kilogram beras,” kata Andi.

Dikatakan Andi, ini merupakan sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk membantu para nelayan, khususnya di musim paceklik. Pihaknya juga berharap untuk bisa terus menambah jumlah bantuan beras kepada nelayan di tahun yang akan datang.

“Jangan hanya dilihat 5 kilogram berasnya saja, namun harus kita syukuri agar kedepan mendapatkan rezeki yang lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indoensia (HNSI) Kabupaten Jepara, Sudiyatno mengatakan, musim paceklik bagi nelayan ini sudah dimulai sejak bulan Desember lalu, dan diperkirakan berakhir sampai dengan Maret.

“Mudah-mudahan untuk hari Senin dan Selasa, beras bantuan ini bisa didistribusikan kepada seluruh nelayan di beberapa wilayah Jepara,” terang Sudiyatno. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.