Foto Bareng Cagub, Lima ASN Akan Dipanggil Panwaslu

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Lima Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan RSUD Kartini Jepara, akan dipanggil oleh Panwaslu Kabupaten Jepara. Pemanggilan ini dalam rangka klarifikasi, terkait aksi foto mereka bersama dengan Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, beberapa waktu lalu. Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Panwaslu Jepara, Arifin, Senin (19-02-2018).

Arifin menuturkan pemanggilan kepada lima ASN ini, akan dilakukan pada Rabu (21-02-2018) mendatang. Surat klarifikasi dikirimkan Senin (19-02-2018). "Foto bersama ini dilakukan, ketika Cagub, Ganjar Pranowo berkunjung ke Jepara pada Sabtu (17-02-2018).”

Lebih lanjut Arifin menyebut, netralitas ASN dalam Pilgub adalah salah satu yang harus dijaga. Implementasi netral itu seperti, tidak mengunggah atau mengomentari foto Cagub di sosial media. Selain itu, ASN juga dilarang berfoto bersama dengan Cagub.

Edaran soal netralitas ASN ini, juga sudah jelas tertuang dalam Surat Edaran Komisi ASN Nomor B.2900/KASN/11/2017 yang berisi imbauan, agar ASN bersikap netral meski belum ada calon yang ditetapkan dan belum masuk masa kampanye.

ASN di lingkungan RSUD Kartini Jepara saat foto bersama Cagub, Ganjar Pranowo, saat berkunjung ke Jepara, Sabtu (17-02-2018). (Istimewa)
Dalam surat edaran tersebut disebutkan, jika ASN dilarang melakukan kegiatan seperti keikutsertaan dalam acara deklarasi salah satu bakal pasangan calon, bahkan dilarang mengunggah foto peserta pilkada, baik dengan komentar maupun like di media sosial dan lain sebagainya.

Beberapa ASN di RSUD Kartini yang foto bersama dengan Cagub nomor urut satu itu diantaranya, Plt Direktur RSUD Kartini, Muh Ali dan Kabag Umum, Mujoko.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Kartini, Muh Ali menyatakan, pihaknya tak mengetahui adanya larangan bagi ASN foto bersama dengan Cagub. Namun, Muh Ali tahu, jika ASN dilarang berkampanye aktif. Itu seperti mendatangi tempat kampanye.

"Saat itu kami melayani. Yang saya tahu, (ASN -red) tidak boleh mendatangi tempat kampanye," sebutnya.

Sebelumnya, Panwaslu Kabupaten Jepara pernah memanggil tiga ASN untuk diklarifikasi. Ketiganya yakni Camat Pecangaan, M Taksin, Pengawas SMK dan Kepala sekolah SD. Camat Pecangaan, M Tahsin, dipanggil atas kehadirannya di acara Paguyuban Pamong Desa (PPD) di Desa Gemulung, Kecamatan Pecangaan yang dihadiri Cagub, Sudirman Said. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.