Pohon Kanthil Tempat Bermain RA Kartini Tumbang

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Pohon Kanthil yang berada di belakang Pendapa Kabupaten Jepara tumbang, Selasa (16/1/2018) dini hari. Pohon berusia ratusan tahun tersebut termasuk bersejarah lantaran menjadi tempat favorit Raden Ajeng (RA) Kartini bermain dan merenung. Pohon berusia ratusan tahun ini tumbang di saat kondisi cuaca hujan lebat. Batang pohon ini menimpa bangunan kamar petugas kebersihan dan ajudan bupati.

Beruntung  saat pohon tumbang penghuni kamar tidak ada di ruangan. Tumbangnya pohon bunga kanthil diduga akibat usia pohon yang telah tua.



Menurut Kepala BPBD Jepara Lulus Suprayitno, pohon yang memiliki batang dengan diameter satu meter dengan tinggi 15 meter ini memiliki nilai sejarah, karena menjadi tempat favorit RA Kartini bermain dan merenung. Usia pohon kanthil sendiri diperkirakan mencapai satu setengah abad, karena telah tumbuh sebelum RA Kartini lahir yakni tahun 1879. "Pohon ini dulu menjadi saksi hidup dan perjuangan Kartini sejak dari kecil " katanya.

Lulus menambahkan, mengingat adanya nilai sejarah, pohon bunga Kanthil tetapkan akan dipertahankan  keberadaanya dengan hanya memangkas dahan dan ranting. Selanjutnya, pohon tersebut akan ditanam kembali di tempat semula. "Ini kita pangkas saja ranting dan dahannya, selanjutnya kita tanam kembali karena nilai sejarahnya," tandasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Kartini Indonesia Jadi Priyanto menyebut pohon tersebut letaknya berada di depan kamar Ngasirah, ibu dari Kartini. Dalam beberapa suratnya, pohon tersebut disebut dering dijadikan untuk tempat merenung tentang bangsa. Karena di tempat itu dirinya merasa nyaman dengan aroma bunganya. "Tumbangnya pohon itu biasa, dan murni karena alam dan memang sudah tua sehingga tidak perlu dikaitkan dengan hal-hal mistis," ujarnya.

No comments

Powered by Blogger.