Petugas Khusus Kebersihan Pantai Disiapkan

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara – Menjaga kebersihan sejumlah objek wisata pantai di Jepara, masih menjadi pekerjaan rumah bagi pengelola objek wisata. Sejumlah sampah yang dibuang sembarangan, banyak dijumpai di sejumlah pantai. Belum lagi sampah kiriman yang berasal dari laut saat musim baratan seperti ini.

Dengan kondisi itu, Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi, akan menginisiasi adanya petugas khusus kebersihan pantai. Hal ini disampaikan, dalam kegiatan Forum Komunikasi Desa Wisata Jepara, yang dilaksanakan, Kamis (25-01-2018), di Balai Desa Teluk Awur, Kecamatan Tahunan.

“Mulai bulan Februari nanti, kami akan menyiapkan petugas khusus kebersihan pantai yang dilengkapi fasilitas alat pengangkut. Mereka akan ditugaskan dan bertanggungjawab untuk membersihkan sampah-sampah kiriman,” kata Andi.
 
 
Untuk tahap awal, sebagai sasarannya mulai dari Pantai Teluk Awur, Kartini, Bandengan, hingga di Pantai Bondo Kecamatan Bangsri.

“Kedepan harapannya, secara bertahap dapat menjangkau seluruh pantai di pesisir Jepara, baik yang dikelola pemerintah maupun desa,” papar Andi.

Petugas khusus nantinya, akan dikoordinasikan lewat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara. Sedangkan, untuk jumlahnya, masih menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Sementara itu, perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Sholikul Hadi menambahkan, Pantai Teluk Awur memiliki daya tarik tersendiri bagi para wsiatawan, selain berpasir putih sepanjang satu kilometer, saat musim kemarau ombaknya jernih, tenang dan dangkal.

“Sangat cocok sekali, bagi para wisatawan yang ingin mandi di pantai,” kata Solikul. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.