Pasokan Ikan Minim, Pedagang Memilih Tak Buka Lapak

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Cuaca buruk yang terjadi di perairan Jepara beberapa hari terakhir, berdampak pada turunnya pasokan ikan di Jepara. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Batu tidak sesibuk di hari-hari biasa. Selain pasokan yang cenderung minim, harganya juga merangkak naik.

Salah seorang pedagang ikan, Murodhiyah mengatakan, dirinya masih menjual ikan meskipun harganya naik. Dikatakannya, sudah sekitar empat hari kondisi tersebut ia alami.

"Ya memang sudah beberapa hari ini kondisinya sepi, tidak ada ikannya," katanya, Kamis (18-01-2018).


Bahkan, harga jual ikan melonjak dari keadaan normal. Seperti tongkol yang kini harganya Rp 60 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 35 ribu. Begitu pula ikan bandeng juga mengalami kenaikan, dari Rp 16 ribu saat ini di pasaran menjadi Rp 23 ribu perkilogram.

Murodhiyah mengaku, saat ini kegiatan di TPI Ujung Batu memang sepi. Meskipun, ada beberapa di antara pedagang ikan yang datang, namun mereka memilih untuk tidak membuka lapak. Mereka memilih untuk menunggu ada atau tidaknya stok ikan.

Sementara itu, penjual ikan lainnya, Sofiatun mengaku, tidak membuka lapaknya. Lantaran harga ikan yang melambung karena kurangnya pasokan dari nelayan.

"Saat paceklik ikan seperti ini, pasokan ikan dari nelayan seret. Alhasil, ikan yang didapat menurun dari segi kuantitas maupun kualitas," ujarnya. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.