Oven Kayu Terbakar, Kerugian Mencapai Ratusan Juta Rupiah

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Sebuah oven pengering kayu di sebuah gudang mebel di Desa Bantrung RT 03/RW 01, Kecamatan Batealit, Jepara, ludes dilalap api, Senin (22-01-2018) malam. Lalapan si jago merah ini, menghanguskan kayu siap produksi sehingga kerugian diperkirakan mencapai Rp 400 juta.

Penjaga Malam Gudang, Sodik (65) mengungkapkan, pada pukul 18.00 WIB dirinya pulang ke rumahnya di Desa Bawu untuk melaksanakan salat. Saat dirinya kembali ke gudang pada pukul 19.00 WIB, dirinya sudah melihat asap tebal dan bunyi ledakan dari dalam oven yang bertempat bagian dalam gudang.

Melihat hal tersebut, dirinya lantas meminta tolong kepada warga sekitar. “Saat saya kembali ke gudang, asap sudah tebal,” ujarnya.


Sementara itu, Manajer Perusahaan Mebel, Mustofa menyebut, saat kebakaran terjadi, dirinya sedang tertidur di rumah yang tak jauh dari gudangnya tersebut. Dirinya terbangun sekitar pukul 19.30 WIB, ketika mendengar kabar gudang tempatnya bekerja terbakar. Dia bergegas ke gudang mebel yang tertelat tak jauh dari kediamannya.

“Api cepat membesar karena di gudang itu terdapat bahan-bahan yang muda terbakar dan kayu di dalam oven sudah siap untuk dipakai,” jelasnya.

Mustofa menambahkan, jika ditaksir perusahaan mengalami kerugian mencapai Rp 400 juta, karena kayu yang di oven memiliki kualitas baik dan siap produksi.

Untuk memadamkan amukan api, setidaknya dikerahkan empat mobil Pemadam Kebakaran (Damkar). Api akhirnya bisa dipadamkam sekitar empat jam kemudian. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.