Intensitas Hujan Tinggi, Tanggul di Saluran Pertanian Rawan Ambrol

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Intensitas hujan yang tinggi di bulan Januari ini harus menjadi perhatian bagi masyarakat khususnya para petani di Jepara. Penguatan tanggul saluran sekunder untuk pertanian harus dilakukan agar jika intensitas hujan tinggi tidak ambrol. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPBD Jepara Lulus Suprayetno.

Menurutnya, saat ini yang perlu dikolaborasikan yakni cuaca dan perawatan infrastruktur. Sejauh ini berdasarkan pengamatannya, yang paling berpotensi yakni rusaknya saluran sekunder yang berkaitan dnegan pertanian. “Jika tidak dibenahi maka akan mengakibatkan gagal panen. Sebab, di saluran sekunder untuk pertanian ini banyak terdapat rumah-rumah yuyu yang mengkibatkan tanggul menjadi lembek dan udah ambrol.  Contohnya kemarin di Batealit dan Pakis Aji. Ini harus diantisipasi oleh petani,” jelasnya.


Lulus menambahkan, selain mewaspadai saluran sekunder, warga masyarakat yang berada di sekitar tanggul sungai-sungai besar juga harus meningkatkan kewaspadaanya. Sepanjang jalur SWD I dan SWD II, katanya, juga harus waspada mulai dari Nalumsari hingga di Kecamatan Kedung. “Sejumlah titik bebera[a waktu lalu kan juga sudah ambrol,” katanya.

Sementara terkait dengan kesiapan logistic, Lulus mengaku jika BPBD Jepara sudah siap menyediakan logistic kedaruratan seperti sak untuk penahan tanggul sementara. Hanya saja saat ini yang perlu dipahami adalah ancaman bencana setiap tahun terus bertambah. “Kita sebenarnya punya mitigasi, namun yang belum selesai adalah tahap rekonstruksinya karena hal itu disesuaikan dnegan tingkat ancamannya,” jelas Lulus yang akan pindah tugas sebagai Sekdin Kominfo Jepara.

Seperti diketahui, sejumlah titik tanggul sungai di SDW II sudah ambrol diantaranya di titik Desa Gedangan dan Ketileng Singolelo Kecamatan Welahan dan Desa Gerdu Kecamatan Pecangaan. Meski sudah dilakukan penanganan sementara, namun kondisinya amsih juga ambrol dan diperlukan penanganan lanjutan.

No comments

Powered by Blogger.