Dua SMAN di Jepara Sudah Terapkan E-rapor

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Hingga kini, baru dua sekolah tingkat SMA di Kabupaten Jepara yang menerapkan rapor elektronik (E-rapor). Keduanya yakni SMAN 1 Jepara dan SMAN 1 Tahunan. Dengan E-rapor ini, nilai siswa bisa dilihat oleh siapapun lantaran diunggah di laman yang disediakan oleh pihak sekolah.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Jepara, Udik Agus DW, di sekolahnya E-rapor ini sudah ditetapkan selama setahun ini. Sementara, di SMA Negeri 1 Tahunan baru digunakan pada awal tahun 2018.

"Dengan rapor elektronik ini, maka siapapun bisa melihat nilai siswa di laman yang sudah ada," ujarnya, Kamis (18-01-2018).


Meskipun demikian, lanjut Udik, untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pihak sekolah masih tetap memasukkan data siswa kelas XII ke laman Pusat Data Siswa Sekolah (PDSS).

"Akan tetapi, ternyata untuk SNMPTN belum mengakomodir penerapan rapor elektronik, sehingga masih harus dimasukkan secara manual," jelasnya.

Ke depan, Udik yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Jepara ini berharap, perguruan tinggi bisa memanfaatkan penggunaan rapor elektronik ini. Mengingat, dengan E-rapor ini memudahkan orangtua wali khususnya, untuk memantau prestasi siswa secara online.

Khusus SNMPTN untuk tahun ini, ditambahkannya, kuota siswa yang mengikuti SNMPTN mengalami penurunan, yakni sebesar 50 persen untuk kuota siswa SMA terakreditasi A.

“Untuk tahun ini, kuota siswa SMA terakreditasi A hanya 50 persen. Padahal tahun lalu, SMA terakreditasi A mendapat kuota 75 persen dari jumlah siswa kelas XII,” terang Udik. (ZA/AM)

No comments

Powered by Blogger.