Tanggul Sungai Ambrol, Puluhan Hektar Sawah Terancam

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara – Tanggul sungai Serang Welahan Drainase (SWD) II ambrol sepanjang sekitar 5 meter. Ambrolnya tanggul ini diperkirakan karena tingginya intensitas hujan yang turun dalam beberapa hari belakangan ini.  Titik tanggul yang ambrol ini dulu tahun 2014 lalu juga mengalami ambrol.


Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Jepara Pujo Prasetyo mengungkapkan, Titik tanggul yang ambrol merupakan pertemuan aliran Sungai Mayong Kidul dan Sungai Pengairan. Ambrolnya tanggul sungai lantaran tidak kuat menahan gerusan dan meningkatnya debit air sungai. “Tanggul sungai yang ambrol sepanjang 5 meter. Tahun 2014 lalu tanggul sungai pernah ambrol. Lantas, tanggul setinggi 4 meter itu diperbaiki,” ujar Pujo, Rabu (20/12/2017).
 
Pujo menambahkan, agar tanggul yang ambrol tidak melebar, pihaknya sudah berkoordinasi denga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR). Pihaknya berharap, dalam waktu dekat dapat dilakukan perbaikan. “Titik tanggul yang ambrol ini harus segera mendapatkan penanganan. Sebab, jika dibiarkan smeentara hujan terus mengguyur maka akan semakin lebara dan dampaknya tentu puluhan hektar areal persawahan disekitarnya akan terendam,” jelasnya.
 
Lebih lanjut Pujo mengungkapkan, pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak terkait utamanya Balai Besar Wilayah Sungai yang memiliki wewenang terhadap masalah ini agar segera ditangani. Sebab, selain tanggul yang ambrol, pintu air untuk mengairi sawah juga rusak. Itu karena tembok pintu air turut tergerus air. “Kita kordinasikan penanganannya, sebab wewenangnya ada di Balai Besar,” tandasnya.

No comments

Powered by Blogger.