Seribu Lebih Anggota Pramuka Adu Keterampilan

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Jepara, melaksanakan Gelar Keterampilan untuk anggota Pramuka di daerah tersebut. Berlangsung di seputar alun-alun Jepara, kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Sholih, dalam apel pembukaan yang dilaksanakan di halaman Setda Jepara, Rabu (20/12/2017). Selain peserta, apel dihadiri para pengurus Kwarcab Jepara.


Ketua panitia Sudarwanto mengatakan, Gelar Keterampilan Pramuka adalah ajang lomba bagi anggota Pramuka Penggalang yang sudah kali ketiga dilaksanakan di Jepara. Tahun ini, gelar keterampilan berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis (20-21/12/2017). “Peserta adalah utusan dari 30 gugus depan tingkat  SMP/MTs,” katanya.

Terdapat tiga jenis lomba yang dilangsungkan. Terdiri dari Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang dilaksanakan di aula Kodim 0719/Jepara, Lomba Baris Berbaris (LBB) Bertongkat di depan Musem RA Kartini dan aula SMA 1 Jepara, serta pioneering yang dilaksanakan di alun-alun.  “Di LCC yang kami laksanakan hari pertama, tiap gugus depan mengirim masing-masing satu tim putra dan satu tim putri beranggota tiga orang setiap tim. LBB bertongkat terdiri 15 Pramuka per tim yang kami laksanakan hari kedua. Sedangkan pada lomba pioneering, perwakilan putri berlomba hari pertama dan yang putra hari kedua. Tiap tim 4 anggota pramuka,” rincinya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Sholih mengatakkan, Gelar Keterampilan Penggalang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan keterampilan anggota Pramuka. Dia juga mengapresiasi para siswa yang aktif di kegiatan pramuka karena akan melengkapi kompetensi diri untuk hidup di masyarakat kelak. “Dan tentu saja bermanfaat untuk peningkatan SDM,” kata Solih.

No comments

Powered by Blogger.