Satpam Diminta Tingkatkan Profesionalitas

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara  – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-37 Satuan Pengamanan (Satpam) diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja, sekaligus refleksi pemuliaan profesi Satpam sebagai sebuah pekerjaan yang dibutuhkan kehadirannya. Satpam juga  patut untuk dihargai, serta harus terus ditingkatkan kemampuannya. Demikian disampaikan Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) membacakan sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Sabtu (30/12/2017) di Halaman Mapolres Jepara.


“Hal tersebut sesuai tema dalam peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2017 yaitu Melalui Peningkatan Kompetensi Kita Wujudkan Profesionalisme Satpam dalam rangka Menciptakan Keamanan dan Ketertiban di Lingkungan Kerja,” katanya.

Kapolres mengharapkan, kehadiran Satpam dapat memberikan kontribusi optimal dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya. Terlebih tantangan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (KAMTIBMAS) ke depan yang akan semakin kompleks. Seperti berbagai permasalahan terkait perburuhan, berbagai bentuk kejahatan di bidang perindustrian, serta berbagai bentuk kejahatan yang tidak hanya memerlukan keamanan fisik, namun juga memerlukan keamanan logical, seperti kejahatan yang menyalahgunakan kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengingatkan bahwa terwujudnya keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja merupakan modal berharga untuk mewujudkan iklim investasi yang kondusif. Hal tersebut guna mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. “Dengan demikian, keberadaan anggota Satuan Pengamanan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya mempunyai peran penting dalam mendukung terselenggaranya pembangunan nasional,” jelas Yudianto.

Lebih lanjut, dalam mewujudkan hal tersebut, menurut Kapolres peningkatan kompetensi anggota Satpam harus menjadi perhatian dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan. “Pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi anggota Satuan Pengamanan harus terus dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan. Dengan demikian, kompetensi dan profesionalisme anggota Satuan Pengamanan dapat terus ditingkatkan,” jelasnya kembali.

Di akhir sambutannya, Kapolri menekankan beberapa hal kepada seluruh Satpam. Yakni, niatkan setiap pelaksanaan tugas memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan kerja sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan dan memelihara kebanggaan dan kehormatan di hati sanubari sebagai anggota Satuan Keamanan, melaksanakan setiap tugas dengan cermat dan penuh tanggung jawab, dan jangan pernah berhenti untuk meningkatkan keterampilan termasuk membekali diri dengan berbagai kemampuan membela diri, serta meningkatkan komunikasi dan koordinasi secara sinergis dengan personel dan satuan Polri di lingkungan tempat kerja.

No comments

Powered by Blogger.