Perbaikan Jembatan Bumpis Membutuhkan 12 Milyar

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara – Pemkab Jepara mengaku tidak memiliki anggaran untuk perbaikan jembatan Bumpis di Desa Gerdu Kecamatan Pecangaan yang mengalami kerusakan parah. Padahal jembatan yang memiliki panjang sekitar 120 meter ini menjadi akses warga Jepara dan Demak. Kini pemkab Jepara hanya berharap bantuan dari pemerintah pusat.


Jembatan Bumpis ini sejak beberapa tahun terakhir ini kondisinya kini memprihatinkan. Disana-sini ditemukan banyak lubang pada lantai kayu. Sementara besi pengaman yang terdapat di sisi kanan dan kiri kondisinya sudah banyak yang tak berada ditempatnya.
 
Jembatan ini menghubungkan Desa Gerdu disisi timur Sungai Serang Welahan Drainase (SWD) II dan Dukuh Doropayung, Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan-Jepara pada sisi barat. Jika berjalan lebih ke barat, akan menuju Dukuh Mantren Desa Mutih, Kecamatan Wedung-Demak.
 
Diantara Dukuh Doropayung Desa Kaliombo dan Dukuh Mantren, Desa Mutih terdapat sebuah sungai kecil yang dihubungkan dengan sebuah jembatan sesek, selebar lebih kurang 2 meter dengan panjang sekitar 100 meter.
 
Kabid Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR Jepara Hartaya mengungkapkan, berdasarkan perhitungan DPUPR Jepara, untuk perbaikan Jembatan Bumpis diperlukan dana sebesar Rp 12 miliar. Itu dengan rincian, lebar jembatan empat meter dan panjangnya 120 meter. Sementara jika lebarnya dibuat enam meter, maka memerlukan dana Rp 18 miliar. “Perhitungannya sebesar itu jika jika memperbaiki,” katanya.
 

Sementara itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengungkapkan, karena keterbatasan anggaran daerah, maka pihaknya akan melobi pemerintah pusat untuk bisa membiayai perbaikan Jembatan Bumpis ini. Marzuqi mengaku akan menemui Menteri PUPR untuk meminta bantuan perbaikan jembatan ini. “Kewenangan perbaikan jembatan ini memang berada di pemerintah pusat sehingga kita akan minta kesana,” jelasnya.

No comments

Powered by Blogger.