Ormas Diminta Jaga Kondusifitas Saat Natal dan Tahun Baru

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Organisasi masyarakat (ormas) di Kabupaten Jepara diminta untuk turut menjaga kondusifitas jelang perayaan Natal dan tahun baru 2018. Sebab di momen seperti ini, biasa dimanfaatkan, oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan sesuatu intervensi maupun provokasi yang mengakibatkan kondusifitas di suatu daerah tidak berjalan dengan baik.


Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi menilai silaturahmi antara Pemda dengan Ormas adalah hal yang sangat penting bahkan mutlak untuk selalu dilakukan. “Apalagi bisa dilihat diakhir tahun begini saudara kita didalam melaksanakan hari rayanya, yaitu umat kristiani. Yang kebetulan berkaitan dengan pergantian tahun. Bisa kita lihat didalam pergantian tahun biasanya akan mudah untuk dilakukan sesuatu intervensi-intervensi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Andi juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Jepara selalu bersama-sama agar mengedepankan gotong royong, menjaga dan memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan sebuah kegiatan keseharian.

Ia mencontohkan, pada sebuah berita dimana terjadi sebuah ketegangan dan tidak kondusifnya keadaan akibat klaim Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dirinya menekankan hal tersebut bukan soal agama, melainkan sebab sosial. Hal tersebut dikatakannya sebagai gambaran kehawatiran hal semacam itu terjadi pada Kabupaten Jepara.

“Kalau kita bisa melihat Jepara ini adalah seolah-olah miniatur Indonesia, kita sangat komplit. Agama kita sumua ada, kalau dari kita lihat NKRI ini terdiri dari sebuah kepulauan, kita juga mempunyai sisi itu. Dari sisi kebudayaan kita pun banyak kebudayaan di Jepara ini. Jadi sangat mungkin ketika ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk bisa melakukan sebuah intervensi dan provokasi yang kemudian bisa menimbulkan kekacauan, kerusuhan yang ada di Jepara ini,” ujar Andi, sapaan akrabnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adhi Nugroho. Dirinya mengajak untuk saling menjaga silaturahmi antar Ormas agar tercipta kondusifitas wilayah. “Peran dari Ormas sangat vital untuk menciptakan situasi yang kondusif, jangan sampai Jepara terkenal karena intoleransi hanya untuk kepentingan salah satu individu atau kelompok. Mari kita buat terkenal Jepara ini dengan situasi yang aman, mari kita ciptakan situasi Jepara yang aman dan damai,” kata Kapolres.


Ketua DPRD Jepara, Junarso mengucapkan terima kasih atas peran serta seluruh Ormas dalam membantu program Pemerintah Daerah di Jepara. “Kondisi saat ini antara Bupati dan Wakil Bupati mempunyai karakter yang adem, sehingga membawa dampak positif kepada situasi di masyarakat juga adem. Mewakili anggota DPRD mengucapkan terima kasih atas peran serta seluruh Ormas dalam membantu program Pemerintah Daerah di Jepara,” ujarnya.

No comments

Powered by Blogger.