Operasi Cipta Kondisi, Polisi Amankan Penjual Miras Oplosan

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Operasi cipta kondisi jelang Natal dan tahun baru terus dilakukan aparat kepolisian Jepara. Yang terbaru, jajaran Satreskrim Polres Jepara meringkus penjual miras oplosan bernama Sugito, warga Desa Ngabul RT/RW 5/6 Kecamatan Tahunan, Rabu (13/12/2017) sore.


Operasi cipta kondisi ini dipimpin oleh Kasatreskrim AKP Suharta bersama Kasatnarkoba AKP Hendro Asriyanto. Dalam operasi ini, barang bukti satu jerigen berisi 30 liter ciu, puluhan plastik berisi miras oplosan dan sejumlah peralatan untuk mengoplos diamankan.

Kasatreskrim Polres Jepara AKP Suharta mengungkapkan, penangkapan pelaku adalah upaya dari jajarannya untuk melakukan cipta kondisi, menjelang Natal dan Tahun Baru 2018. Pengungkapan kasus ini karena informasi dari masyarakat. Yang bersangkutan merupakan pemain lama.  Penjualan miras ini di lakukan tersangka sebagai sampingan, dari usaha utamanya sebagai penjual bahan bangunan. "Dia ini pemain lama untuk bisnis jual beli miras oplosan," ujarnya.

Saat diamankan di rumahnya, Sugito telah selesai membungkus puluhan miras oplosan dalam kemasan plastik bening. Sugito mengaku baru saja memulai lagi usahanya itu setelah beberapa bulan lalu ditangkap petugas karena kasus yang sama. "Sejak ketangkap beberapa bulan lalu hingga kini tidak jualan, inu baru mulai lagi," akunya.


Miras oplosan yang dijual Sugito ini tersedia dalam dua varian rasa, yakni biasa dan spesial. Untuk miras biasa campurannya adalah minuman serbuk, dicampur madu dan ciu. Sedangkan kemasan spesial campurannya adalah ciu dan beras kencur. Dirinya mengaku, mendapatkan pasokan alkohol jenis ciu dari Grobogan. Untuk satu jeriken ia tebus dengan harga Rp 400 ribu. Sedangkan untuk satu kemasan plastik miras oplosan yang sudah jadi ia jual Rp 20 ribu. "Barang semua ini dari Grobogan trs saya ecer kepada pembeli," jelasnya.

No comments

Powered by Blogger.