Masyarakat Diajak Tingkatkan Kewaspadaan Dini Bencana

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Warga masyarakat di Kabupaten Jepara diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap potensi bencana yang timbul selama musim penghujan ini. Kewaspadaan ini agar dampak yang ditimbulkan tidak semakin meluas yang pada akhirnya akan mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat di Kabupaten Jepara. Hal ini disampaikan oleh Sekda Jepara Sholih, dalam Forum Komunikasi Antara Pemerintah dan Masyarakat (Forkom), Kamis (14/12/2017).


Sekda Sholih memandang langkah kesiapsiagaan dini hal yang penting, sebab dapat untuk mengantisipasi dan menghadapi semua bentuk-bentuk bencana yang mungkin dapat terjadi di Jepara. Pihaknya juga memandang pertemuan pada siang itu, juga sebagai upaya konsolidasi dan koordinasi semua lembaga lintas sektor terkait dan semua elemen masyarakat.
 
Berdasarkan data rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada September 2017 yang lalu, bahwa musim penghujan kali ini merupakan musim penghujan siklus 4 tahunan, dimana biasa ditandai dengan curah hujan yang cukup deras dan berdurasi panjang. Hal ini akan berlangsung pada puncaknya Desember 2017 hingga Februari 2018.
 
Dengan adanya dampak negatif akibat hal tersebut, antara lain peningkatan potensi bencana banjir, tanah longsor, timbulnya berbagai macam penyakit dan tingginya gelombang laut yang mengganggu aktivitas dan kegiatan nelayan, yang dimungkinkan terjadi di Kabupaten Jepara.
 
Disisi lain, lanjutnya, pihaknya berterima kasih kepada BPBD Kabupaten Jepara yang sudah melakukan semua upayanya. Antara lain sosialisasi, penguatan kapasitas masyarakat dan relawan, pelajar dan komunitas-komunitas kebencanaan, pembentukan Desa Siaga Bencana, sekolah siaga bencana dan Dewan Pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Jepara. Serta telah menyiapkan semua keperluan tanggap darurat jika terjadi bencana.
 

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jepara, Mulyaji langakah ini untuk mencari masukan dari segenap steakholder dalam penanggulangan bencana, serta bertujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menghadapi situasi bencana.

No comments

Powered by Blogger.