Belum Memenuhi Kuota, Pendaftaran Panwaslu Desa Diperpanjang

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara – Pendaftaran pengawas pemilu (Panwaslu) desa di sebagian besar kecamatan di Kabupaten Jepara diperpanjang. Hal ini lantaran, belum memenuhi batas minimal tiga orang pendaftar setiap desanya. Perpanjangan dilakukan sampai Selasa (2/1/2018) pukul 24.00 WIB. Perpanjangan penerimaan Panwaslu Desa ini seperti juga yang terjadi di Kecamatan Pecangaan.


 Ketua Panwascam Pecangaan Ahmad Rudi mengungkapkan, dari 12 desa di Kecamatan Pecangaan, sebanyak sembilan desa dilakukan perpanjangan lantaran belum memenuhi kuota minimal pendaftar. Sedangkan tiga desa masing-masing Desa Pulodarat, Krasak dan Lebuawu pendaftaran Panwaslu Desa sudah ditutup pada 28 Desember 2017. “Sejauh ini pendaftar terbanyak dari Desa Pulodarat dengan empat orang pendaftar, desa lainnya beragam ada yang satu dan dua orang,” ujarnya, Sabtu (30/12/2017).

Menurutnya, berbagai langkah sosialisasi perekrutan Panwaslu Desa ini, sudah maksimal dilakukan oleh Panwascam. Mulai dengan publikasi melalui media sosial, menemui stakeholder di tingkat desa hingga penempelan pengumuman dan brosur ke sejumlah tempat strategis termasuk tempat ibadah. “Sosialisasi sudah optimal kita lakukan, hanya saja memang hasilnya belum maksimal hasilnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Rudi mengungkapkan, Panwascam Pecangaan mendorong kepada warga masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Partisipasi aktif tersebut salah satunya dilakukan dengan menjadi Panwasludes untuk suksesi kepemimpinan lima tahunan di propinsi yang berpenduduk lebih dari 35 juta jiwa ini.

Menurut Rudi, dengan bergabung menjadi Panwaslu Desa maka akan memiliki peran langsung dalam mengawal pesta demokrasi menjadi bermartabat dan berintegritas di desanya masing-masing. “Kita harus bersama-sama mengawal pemilihan gubernur ini, akan nanti terpilih pemimpin yang benar- benar sesuai dengan keinginan masyarakat,” ujarnya.

Selain di Kecamatan Pecangaan, beberapa kecamatan lain yang melakukan perpanjangan yakni Kecamatan Mayong, dari 18 desa yang diperpanjang ada di 11 desa. Bangsri dari 12 desa yang melakukan perpanjangan 10 desa. Kedung dari 18 desa yang belum memenuhi kuota minimal 5 desa. Yang cukup baik di Kecamatan Mlonggo, dari delapan desa yang ada hanya satu desa yang dilakukan perpanjangan.

No comments

Powered by Blogger.