BBWS Segera Perbaiki Tanggul Sungai SWD yang Ambrol

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Tanggul Sungai Serang Welahan Drainase (SWD) II yang ambrol sekitar lima meter di Desa Ketileng Singolelo akan segera diperbaiki oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jratun Seluna. Perbaikan yang menjadi wewenang BBWS ini akan dilakukan dengan mengerahkan alat berat ke lokasi tanggul yang ambrol.


Menurut Petinggi Desa Welahan Sumarno, BBWS sudah mengecek lokasi tanggul yang ambrol di perbatasan Desa Welahan dengan Ketilengsingolelo. Kerusakan yang terjadi pada tanggul tersebut telah dideteksi oleh BBWS. Rencananya, pada tahun 2018 akan dilakukan perbaikan permanen pada tanggul tersebut. “Sudah dicek, dan segera akan diperbaiki dengan mengerahkan alat berat,” katanya.
 
Setelah tanggul ambrol, lanjutnya, langkah darurat yang dilakukan yakni dengan memperbaiki tanggul dengan tumpukan karung berisi tanah. Saat ini di bagian atas tanggul hanya tersisa sedikit tanah, sekitar 40 cm yang bisa dilewati oleh petani. Padahal, jalur ini menjadi jalan yang biasa dilewati oleh petani yang hendak menanam padi (tandur). “Kalau dilewati motor berbahaya, sebab hanya tersisa sedikit tanahnya,” imbuhnya.
 

Seperti diketahui sebelumnya, tanggul sungai SWD II ambrol skeitar lima meter . kondisi ini mengancam sekitar 30 hektar sawah yang telah ditanami. Penyebabnya diduga karena bangunan pintu air tidak kuat menahan arus air yang berasal dari pertemuan Sungai Mayong Kidul, pengairan sawah dan Sungai SWD.

No comments

Powered by Blogger.