Baru Dua Usulan Dapil Diterima KPU Jepara

LINTASJEPARA.ISKNEWS.COM, Lintas Jepara - Dua usulan rancangan jumlah dapil untuk pemilu 2019 sudah diterima KPU Jepara dari parpol. Keduanya yakni dari PAN dan Nasdem. Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPU Jepara Anik Sholikhatun, Selasa (19/12/2017).


Menurut Anik, sampai Selasa ini memang baru dua yang resmi dikirimkan ke KPU. Akan tetapi, dirinya enggan menyebut secara detail isi usulan dapil yang disampaikan kedua parpol itu. Usulan itu, katanya, akan dijabarkan oleh pengurus parpol sendiri saat rapat kordinasi (Rakor) kedua pembahasan Dapil dan alokasi kursi Pemilu DPRD Jepara, Kamis (21/12/2017) mendatang. "Nanti akan dijabarkan sendiri oleh masing-masing parpol saat Rakor," katanya.

Dalam rakor nanti, pengurus Parpol, LSM dan Ormas diharapkan membawa usulan rancangan Dapil dan alokasi kursi untuk dipresentasikan.  Saat Rakor akan dibagi dua kelompok. Pertama pihak yang ingin jumlah Dapil tetap dan ingin pemekaran. Nanti akan memberi penjelasan usulan jumlah Dapil berapa yang paling relevan dan tidak bertentangan dengan tujuh prinsip penentuan jumlah Dapil. "Yang jelas usulan tidak boleh bertentangan dengan prinsip penentuan jumlah dapil," jelasnya.


Perihal jumlah Dapil ini tengah menjadi pembahasan hangat di Jepara. Itu lantaran ada sejumlah pihak yang menginginkan pemekaran Dapil hingga berjumlah delapan. Itu mengingat ada 16 kecamatan di Jepara. Dengan hanya dua kecamatan dalam satu Dapil, diharapkan anggota dewan yang mewakili Dapil bisa lebih dekat dengan konsituennya.

No comments

Powered by Blogger.