300 Personil Kodim Siap Bantu Penanganan Bencana

Lintasjepara.isknews.com, Lintas Jepara - Sebanyak 300 personel Kodim 0719 Jepara siaga untuk penanganan bencana di Jepara. Ratusan personil ini tersebar di semua Koramil yang ada. Selain menyiagakan personil, Kodim Jepara juga menyiagakan sejumlah peralatan evakuasi seperti perahu karet dan kapal cepat.



Komandan Kodim Jepara Letkol (inf) Ahmad Basuki mengungkapkan, sekitar 300 prajurit yang disiagakan itu untuk dapat membantu penanganan bencana, sewaktu-waktu. Jika nanti ada bencana, Danramil akan diperintahkan turun untuk memonitor dan membantu masyarakat. "Di Jepara ini, ada tiga bencana yang patut diwaspadai, yakni abrasi air laut, banjir dan tanah longsor," ujarnya, Rabu (6/12/2017).

Lebih lanjut Basuki menyebut, kekuatan Kodim Jepara untuk membantu penanganan kebencanaan sudah siap diterjunkan. Pihaknya memiliki 12 LCR atau perahu karet berkapasitas mesin mulai dari 15 PK (Paar de Kraft-Tenaga Kuda). Adapula kapal berbahan alumunium dan KMC Komando yang diawaki 50 personel dapat menempuh Pulau Karimunjawa dalam tempo satu jam, dengan kecepatan 27 knot. "Intinya dalam menghadapi bencana sertaan di musim hujan ini, kita instruksikan semua personil bersiaga penuh," jelasnya.

Dandim mengingatkan, bencana banjir perlu diwaspadai, mengingat adanya siklus empat tahunan. Tahun 2014 sudah pernah terjadi banjir besar. Tahun 2018 harus lebih siaga. Disamping itu, tanah longsor juga perlu diperhatikan, seperti di daerah Tempur. "Kita minta warga Jepara untuk senantiasa berwaspada. Pada awal bulan Desember ini, bencana abrasi air laut telah terjadi dan mengakibatkan beberapa rumah di Kelurahan Ujung Batu dan Demaan terkena imbas," tandasnya.

No comments

Powered by Blogger.